Bisnis rumahan ibu rumah tangga dengan modal kecil
Bisnis rumahan ibu rumah tangga dengan modal kecil

5 Bisnis rumahan ibu rumah tangga dengan modal kecil yang menguntungkan

Posted on

5 Bisnis rumahan ibu rumah tangga dengan modal kecil yang menguntungkan | Zaman sekarang, biaya untuk kebutuhan hidup semakin meningkat, sehingga ibu rumah tangga yang menjadi ujung tombak pengatur keuangan keluarga melalui pengelolaan pendapat sang suami tentu harus memutar otak supaya semua keperluan dapat terpenuhi. Termasuk mencari peluang usaha sampingan yang dapat digeluti di rumah untuk menambah pemasukan keluarga.

 Ide Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

Dengan menekuni bisnis sampingan yang dapat dikerjakan di rumah, ibu rumah tangga tidak perlu meninggalkan buah hati dan kehilangan momen tumbuh kembangnya yang berharga. Pun tetap dapat menjalankan tugas-tugas sebagai istri ketika suami mencari nafkah di luar rumah. Berikut ini adalah ide-ide bisnis rumahan yang dapat digeluti :

  1. Konter Pulsa

Membuka konter pulsa merupakan usaha sampingan yang cukup menjanjikan keuntungan menggiurkan, mengingat pulsa zaman sekarang tidak lagi menjadi kebutuhan sekunder, melainkan kebutuhan primer. Cukup memanfaatkan teras rumah dan meletakkan seperangkat meja kursi lengkap dengan alat tulis beserta banner kecil-kecilan, konter pulsa sudah dapat beroperasi.

Untuk berjualan pulsa elektrik, tentunya membutuhkan deposit. Saat ini di setiap daerah sudah banyak distributor yang menerima deposit dengan nominal kecil, yakni minimal Rp. 50.000,- rupiah. Sehingga para ibu rumah tangga tidak perlu mengkhawatirkan soal modal karena membuka konter pulsa merupakan usaha rumahan modal kecil namun keuntungan besar.

  1. Berjualan Minuman

Menekuni bisnis berjualan minuman dapat ditekuni oleh ibu rumah tangga dengan memanfaatkan teras rumah bila kediamannya memiliki lokasi yang cukup strategis dengan lalu lalang kendaraan yang ramai. Minuman yang disediakan bisa berupa teh, kopi instan cup, jus buah, atau milkshake instan.

Perlengkapan yang dibutuhkan hanya produk minuman yang hendak dijual, cup sealer, cup plastik untuk minuman dingin serta cup karton bagi yang hangat, serta kresek. Modal yang diperlukan tidak mencapai satu juta rupiah, sedangkan keuntungan bersih penjualan per-cup minuman mencapai 50%.

  1. Warung Kopi

Bila memiliki halaman rumah yang cukup luas atau tempat tinggal di dekat kawasan pabrik, maka membuka warung kopi merupakan pilihan bisnis rumahan yang tepat. Cukup menggelar karpet tebal di halaman dan menyediakan meja untuk meletakkan peralatan penjualan seperti kompor, cangkir, dan sebagainya, warung kopi sudah siap menyambut pelanggan.

  1. Bisnis Laundry

Ibu rumah tangga terkenal dengan ketrampilannya dalam mencuci serta menyetrika pakaian. Mayoritas IRT sangat teliti dalam memilah cucian sehingga kemungkinan tercampurnya pakaian biasa dengan yang mudah luntur dapat diminimalisir. Begitu pula dengan menyetrika sangat licin serta wangi yang tahan lama. Kemampuan tersebut dapat dimanfaatkan untuk membuka bisnis laundry.

Hanya dengan bermodalkan mesin cuci yang zaman sekarang pasti sudah dimiliki oleh setiap keluarga, lalu deterjen, softener serta pelicin pakaian khusus laundry, bisnis tersebut sudah dapat dibuka. Meskipun bisnis laundry sangat menjamur, faktanya tidak pernah ada outlet usaha ini yang sepi.

5 Bisnis rumahan ibu rumah tangga dengan modal kecil yang menguntungkan
5 Bisnis rumahan ibu rumah tangga dengan modal kecil yang menguntungkan
  1. Jasa Penitipan Anak

Tidak diragukan lagi bahwa seorang ibu rumah tangga sangat lihai dalam mengurus anak sehingga tak ada salahnya bila membuka jasa penitipan anak di rumah. Terutama bagi yang sangat menyukai anak-anak, tentunya menghabiskan hari dengan dikelilingi oleh mereka tidak akan terasa menjadi beban ataupun seolah sedang bekerja, melainkan bersenang-senang.

Selain itu, dengan membuka jasa penitipan anak, bagi yang memiliki buah hati seusia dengan anak-anak yang dititipkan pun dapat memberikan teman baru bagi sang anak sekaligus melatih kemampuan bersosialisasinya sejak dini. Untuk membuka bisnis ini hanya perlu menyediakan banyak stok permainan edukatif untuk anak.

  1. Usaha Katering Harian

Masyarakat saat ini jarang yang memiliki waktu untuk memasak karena sibuk bekerja. Terutama pada jam makan siang. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh para ibu rumah tangga yang memiliki keterampilan memasak untuk menyediakan katering harian khusus makan siang bagi para pelajar sekolah atau pegawai kantoran yang tidak sempat keluar membeli makanan.

Dalam menekuni bisnis kuliner, poin terpentingnya adalah kelezatan cita rasa makanan, sehingga hal tersebut harus dipertahankan jika tidak ingin ditinggalkan pelanggan. Selanjutnya harus memastikan pula menu yang variatif agar konsumen tidak merasa bosan. Untuk pengiriman dapat mempekerjakan seorang kurir khusus bila tidak bisa mengantarkan sendiri kepada pelanggan.

  1. Toko Online

Online shop merupakan bisnis yang cocok sekali digeluti oleh para ibu rumah tangga karena selain tidak membutuhkan modal besar, waktu operasional toko pun lebih fleksibel dibandingkan dengan membuka toko konvensional. Modal utamanya hanya perangkat pintar, jaringan internet yang stabil, serta akun sosial media.

Cukup dengan mengunggah produk-produk yang hendak ditawarkan kepada calon konsumen melalui akun sosial media yang dimiliki, ibu rumah tangga dapat menghasilkan keuntungan maksimal tanpa perlu beranjak sedikitpun dari rumah karena semua proses transaksi dilakukan melalui internet, sedangkan untuk pengiriman paket kepada pembeli dapat dijemput langsung ke alamat oleh kurir ekspedisi.

  1. Jasa Penerjemah

Bagi ibu rumah tangga yang memiliki kemampuan berbahasa asing dengan baik dan benar, tidak ada salahnya untuk membuka jasa penerjemahan makalah, dokumen, atau fail lain dengan menetapkan tarif tertentu. Pekerjaan menerjemahkan terbukti banyak menghasilkan pundi-pundi uang bagi para freelancer di luar sana.

Bahasa Inggris masih menjadi bahasa asing yang menyediakan lowongan terbanyak, namun peminatnya pun membludak. Sebab itu, alangkah lebih baik bila menguasai bahasa asing lain yang belum banyak dikuasai oleh masyarakat, namun juga memiliki banyak peluang kerja seperti Bahasa Mandarin, Jepang, dan Prancis.

  1. Henna

Henna merupakan seni menghias tubuh dengan bahan pewarna halal yang semula populer di negara-negara Timur Tengah serta India. Sifatnya tidak permanen dan tidak menutup pori-pori kulit sehingga tetap dapat digunakan beribadah. Beberapa waktu terakhir, tengah tren hiasan henna untuk momen spesial seperti wisuda, pertunangan, atau pernikahan.

Ibu rumah tangga yang memiliki selera seni tinggi, terutama dalam hal menggambar patut mencoba untuk menjadi perias henna dan menjadikannya usaha sampingan. Calon konsumen dapat datang ke rumah sehari atau beberapa jam sebelum acara yang hendak dihadiri untuk periasan henna yang memiliki ketahanan maksimal selama dua minggu tersebut.

  1. Content Writer

Menjadi penulis lepas belakangan ini merupakan usaha sampingan yang sangat menjanjikan, terutama bagi para ibu rumah tangga yang memiliki kemampuan menulis dengan baik dan benar. Modal utamanya hanya komputer atau laptop dan jaringan internet yang stabil. Jam kerjanya juga sangat fleksibel karena penulis bebas menentukan job serta memilih hari libur.

Usaha yang dapat digeluti hanya dengan memanfaatkan skill penulisan ini bisa menghasilkan pemasukan tambahan mencapai jutaan rupiah per bulan. Tetapi, sebagai penulis artikel, tentunya wajib untuk memahami materi yang ditulis serta mempertanggungjawabkannya. Sebab itu, seorang penulis artikel lepas harus sering update tentang berita atau informasi terkini. Anda juga bisa memulai mempelajari mengenai Jasa seo murah di website ini. 

Gratis Belajar SEO
Ikuti Belajar SEO,internet marketing GRATIS via email. Masukkan nama dan email Anda di bawah ini:
100% Privacy. We don't spam.
Gravatar Image
hello I was young entrepreneurs , like the latest things in the world of Internet marketing , SEO and web deveploment